Rabu, 21 Desember 2011

Galaksi di Alam Semesta

Galaksi adalah sebuah sistem yang terikat oleh gaya gravitasi yang terdiri atas bintang (dengan segala bentuk manifestasinya, antara lain bintang neutron dan lubang hitam), gas dan debu kosmik medium antar bintang, dan kemungkinan substansi hipotetis yang dikenal dengan materi gelap. Kata galaksi berasal dari bahasa Yunani galaxias [γαλαξίας], yang berarti "susu," yang merujuk pada galaksi Bima Sakti (bahasa Inggris: Milky Way). Tipe-tipe galaksi berkisar dari galaksi kerdil dengan sepuluh juta bintang hingga galaksi raksasa dengan satu triliun bintang, semuanya mengorbit pada pusat galaksi. Matahari adalah salah satu bintang di galaksi Bima Sakti; tata surya termasuk bumi dan semua benda yang mengorbit matahari. Galaksi diperkirakan ada sekitar 100.000 diseluruh alam semesta ini. Bayangkan saja bagaimana luasnya alam semesta yang tak terbatas ini jika satu galaksinya saja besarnya rata-rata melebihi galaksi bima sakti. 

Tipe dan morfologi


Eliptik
Galaksi tipe ini tampak memiliki sedikit struktur dan sedikit materi antar bintang, sehingga galaksi tersebut memiliki sedikit gugus terbuka dan laju pembentukan bintang yang lambat. Galaksi tipe ini didominasi oleh bintang yang berumur tua yang mengorbit pusat gravitasi dengan arah yang acak. Dalam hal tersebut, galaksi tipe ini mirip dengan gugus bola.






Spiral
Galaksi spiral terdiri dari piringan berupa bintang dan materi antar bintang yang berotasi, serta gembung pusat yang terdiri dari bintang-bintang tua. Terdapat lengan spiral yang menjulur dari gembung pusat. Dalam sistem klasifikasi Hubble, galaksi spiral ditandai sebagai tipe S.






Morfologi lain
Galaksi aneh (peculiar galaxies) merupakan galaksi yang memiliki sifat-sifat yang tidak biasa karena interaksi pasang surut dengan galaksi lain. Contohnya adalah galaksi cincin, yang memiliki struktur mirip cincin berupa bintang dan materi antar bintang yang mengelilingi inti kosong. Galaksi cincin diperkirakan terbentuk saat galaksi kecil melewati inti galaksi yang lebih besar.




Jarak galaksi kecil terdekat dengan Galaksi Bima Sakti

(dalam juta tahun cahaya)
Canis Major Dwarf - Jarak: 25,000 
Sagittarius Dwarf - Jarak: 81,000 
Awan Magellan Besar - Jarak: 160,000
Awan Magellan Kecil - Jarak: 190,000
Ursa Major II Dwarf - Jarak: 200,000
Ursa Minor Dwarf - Jarak: 205,500
Draco Dwarf - Jarak: 248,000
Sculptor Dwarf Galaxy - Jarak: 254,000
Sextans Dwarf - Jarak: 257,500
Carina Dwarf - Jarak: 283,500
Ursa Major I Dwarf - Jarak: 330,000
Fornax Dwarf - Jarak: 427,000
Leo II - Jarak: 701,000
Leo I - Jarak: 890,000 

Jarak galaksi besar terdekat dengan Galaksi Bima Sakti
adalah Andromeda dengan jarak sekitar 2,5 juta tahun cahaya


Bisa dibayangkan kan bagaimana luasnya alam semesta kita? Saya sendiri sangat tertarik dengan hal-hal tentang astronomi seperti ini. Bagaimana dengan kalian? ;)

1 komentar:

Akuaniss mengatakan...

nice info (y)