Senin, 19 Desember 2011

IPA vs. IPS

Sekarang ini, banyak anak-anak SMA yang sejak masih kelas X saja sudah merasakan hal yang disebut "galau". Ya, mereka galau ketika memilih jurusan, IPA atau IPS. Banyak dari mereka yang sejak sekarang mulai bertanya-tanya, bagaimana nanti kedepannya kehidupan akademik mereka. Bagaimana nanti jika mereka mulai menjalani penjurusan, IPA yang mempelajari ilmu-ilmu pasti dan IPS yang mempelajari ilmu-ilmu sosial yang masih bisa berubah sesuai keadaan jaman. Memang banyak hal yang harus dipikirkan matang-matang sebelum memilih jurusan IPA atau IPS tersebut, contoh nyatanya saja adalah bagaimana mereka menjalani perguruan tinggi nanti. Tentu saja SMA sangat berpengaruh karena SMA merupakan jenjang pendidikan sebelum mereka memasuki perguruan tinggi.

Bagaimana cara memilih yang tepat?

Sesuaikan dengan kemampuan.
Kita harus pandai-pandai melihat potensi yang ada dalam diri kita, jangan sampai kita sia-siakan potensi tersebut karena bisa saja potensi tersebut adalah jati diri kita

Pikirkan prospek ke depan matang-matang.
Kita juga harus pintar dalam memandang masa depan kita, mau jadi apa kita nanti tapi jangan lupa disesuaikan dengan kemampuan kita juga.Pikirkan nantinya kita akan kuliah dimana dan mengambil jurusan apa. 

Pikirkan konsekuensi dari pilihan yang diambil.
Pikirkan juga konsekuensinya karena segala sesuatu baik ataupun buruk pasti ada konsekuensinya sendiri-sendiri. Jika nanti masuk IPA misalnya, kita harus pintar dalam berlogika karena memang IPA mempelajari ilmu-ilmu pasti sedangkan IPS, kita harus pintar dalam memahami suatu kasus dan kuat dalam masalah hafalan.

Jangan sia-siakan kesempatan.
Jangan pernah sia-siakan kesempatan belajar yang ada. Karena ini menyangkut masa depan, kita tidak boleh menganggap enteng maka belajarlah dengan sungguh-sungguh apalagi jika keinginan kita masih belum cukup dari keinginan kita. 

Saya harap dengan postingan ini dapat membantu teman-teman yang mungkin masih "galau" untuk memilih IPA atau IPS :)

2 komentar:

Aldo K. Wachyudi mengatakan...

sebenernya yg penting pas kuliah mau di IPA atau IPS.. itu aja sih

Ratna Aisyah Savitrie mengatakan...

bisa aja kan dari IPA trs kuliahnya ambil IPS...