Jumat, 16 Desember 2011

Jurusanku, Sistem Informasi-ku



Pada postingan kali ini, saya akan sedikit menceritakan tentang jurusan dimana saya berkuliah saat ini, jurusan yang saya idam-idamkan enam bulan yang lalu, dan jurusan yang sangat saya banggakan sekarang. Tempat dimana bertemu teman-teman baru yang sangat baik dan ramah, dan bisa membuat tersenyum setiap hari. Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.
                Jurusan yang mulai ada sejak 2001 ini, sekarang telah sangat berkembang dan mulai menjadi tenar di masyarakat. Mengapa saya katakana begitu? Karena persaingan untuk dapat memasuki jurusan ini, sekarang sangatlah ketat. Banyak orang yang ingin masuk ke SI, apalagi orang-orang yang menyukai bidang teknologi informasi tetapi tidak suka hanya belajar pemrograman (ngoding), termasuk saya sendiri. Di Jurusan ini, selain ngoding, kita juga diajarkan manajemen dan keterampilan dalam berkomunikasi dengan orang banyak. Disinilah letak perbedaan dari Teknik Informatika (TC) dan Sistem Informasi.
                Mengapa saya bangga masuk ke jurusan ini? Pertama karena memang jurusan ini sekarang lagi populer atau bisa disebut sedang “naik daun” dikalangan para mahasiswa baru yang sedang ingin mencari kuliah, lihat saja ketatnya persaingan baik melalui jalur SNMPTN Undangan, SNMPTN Tulis dan Jalur Mandiri. Kedua, jurusan ini telah menorehkan banyak prestasi di bidang IT, baik tingkat daerah maupun nasional . Ketiga, karena saya masuk ke sini dengan cara benar-benar berusaha melalui jalur SNMPTN Tulis, saya berasal dari Mataram, NTB. Banyak orang yang meragukan orang-orang dari daerah sebelah timur, sulit untuk dapat PTN di daerah sebelah barat, tetapi saya dapat membuktikan bahwa saya bisa.
                Kemudian yang ingin saya ceritakan adalah tentang mata kuliah yang ada di jurusan ini. Tapi berhubung saya masih maba dan baru semester satu, saya baru mendapat 4 mata kuliah. Yaitu Algoritma dan Pemrograman, Matematika Diskrit, Sistem Fungsional Bisnis dan Keterampilan Interpersonal.  Algoritma dan Pemrograman atau biasa disingkat Alpro, adalah mata kuliah pemrograman dimana kita diajarkan untuk ngoding dengan bahasa pemrograman Java. Matematika Diskrit adalah mata kuliah dimana kita diajarkan dasar dari logika berpikir yang digunakan ketika kita mengoding. Kedua mata kuliah ini sangat erat hubungannya dan jujur, menurut saya susah karena memang saya belum pernah dikenalkan atau dihadapkan dengan kode-kode pemrograman sebelumnya.
                Kemudian ada Sistem Fungsional Bisnis (SFB) yang mengajarkan kita dasar dalam manajemen. Sedangkan Keterampilan Interpersonal adalah mata kuliah favorit, karena mata kuliah ini bisa dijadikan selingan kita ketika sedang jenuh. Mata kuliah ini adalah mata kuliah dimana kita diajarkan untuk berkomunikasi dengan orang lain dan kuliah ini ada prakteknya tersendiri yang sangat menyenagkan.
                Jadi over-all , saya menikmati perkuliahan di SI ini dan saya akan terus berusaha untuk mempelajari mata kuliah yang sekiranya kurang saya kuasai.

Tidak ada komentar: