Pada postingan kali ini saya akan memposting beberapa tips dan trik yang sekiranya dapat membantu kita ketika sedang melakukan presentasi.
Materi ini saya dapatkan ketika kuliah Keterampilan Interpersonal pada hari Kamis, 8 Desember 2011 yang diisi oleh Bapak Kholil.
Sebelum kita membahas tips dan trik dari presentasi, saya akan memberikan beberapa hal-hal yang sering menghambat kita ketika sedang presentasi.
Materi ini saya dapatkan ketika kuliah Keterampilan Interpersonal pada hari Kamis, 8 Desember 2011 yang diisi oleh Bapak Kholil.
Sebelum kita membahas tips dan trik dari presentasi, saya akan memberikan beberapa hal-hal yang sering menghambat kita ketika sedang presentasi.
Gejala demam panggung
Fisiologis:
Berkeringat
Perut mulas
Detak jantung semakin cepat
Ketegangan otot
Gemetar pada kaki
Psikologis:
Deg-degan
Tidak fokus
Gugup
Kurang percaya diri
Lupa materi
Akibat dari gejala demam panggung diatas:
Jangka panjang:
Tidak dapat dikendalikannya situasi presentasi
Jangka pendek:
Rendah diri
Meremehkan diri sendiri
Menganggap diri tidak menarik
Self image negatif --> kecemasan sosial atau fobia sosial (dimana individu memiliki kecenderungan menghindar)
Setelah mengetahui hal-hal diatas, sekarang saya akan memberikan beberapa tips dan trik ketika sedang membawakan presentasi.
1. Gunakanlah 5W + 1H
What (Apa)
Materi apa yang akan disampaikan dan kita harus benar-benar menguasainya, karena lupa materi bisa menjadi salah satu penyebab demam panggung.
Who (Siapa)
Kepada siapa kita menyampaikan materi presentasi tersebut, agar kita bisa menyesuaikan gaya dan topik dari perbincangan kita.
When (Kapan/Waktu)
Kita juga harus bisa menyesuaikan kapan presentasi yang baik. Kemudian kita juga harus tahu waktu karena setiap presentasi pasti diberikan durasi tertentu yang terbatas.
Why (Mengapa)
Mengapa kita melakukan presentasi tersebut atau lebih tepatnya kita harus benar-benar paham apa tujuan kita melakukan presentasi tersebut.
Where (Dimana)
Selain tahu waktu, kita juga harus tahu tempat, dimana kita sedang melakukan presentasi. Entah itu forum besar maupun forum kecil.Indoor maupun outdoor. Agar kita dapat menyesuaikan volume kita ketika sedang membawakan presentasi.
How (Bagaimana)
Kita juga harus mengetahui dengan benar bagaimana sikap dan tingkah kita ketika sedang membawakan presentasi, karena ini merupakan hal terpenting dan dapat sangat mempengaruhi baik tidaknya presentasi yang kita bawakan.
Tahap Presentasi:
1. Bangkitkan antusiasme.
Tunjukan antusiasme pembicara sewaktu menyampaikan materi.
2. Situasi yang menyenangkan.
Ciptakan suasana yang menyenangkan dan tidak menegangkan atau mengancam.
3. Gunakan alat bantu.
Alat bantu dapat mendukung pembicara dalam menyampaikan gagasan atau berita. Contoh: Microphone, Slide Show PPT, dsb.
4. Sesi tanya jawab
Adakan sesi tanya jawab karena ini merupakan salah satu sarana agar audience dan narasumber dapat melakukan interaksi.
5. Berlatih
Mulailah berlatih dari sekarang karena dengan banyak berlatih, kita akan semakin terbiasa dan hal-hal yang dapat mengganggu dapat diminimalisir.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar