Senin, 19 Desember 2011

Pro dan Kontra Boyband dan Girlband Indonesia

Siapa yang tak tahu Boyband (BB) dan Girlband (GB) jaman sekarang? Tentu ketika  mendengar kata tersebut kita akan langsung tertuju pada kata "Korea". Ya, karena memang kebanyakan BB DAN GB top sekarang ini berasal dari negri gingseng tersebut. Tapi rupanya sekarang-sekarang ini banyak musisi Indonesia yang memulai mencoba untuk membuat BB dan GB seperti ini. Lantas bagaimana tanggapan dari masyarakat Indonesia? Tentu saja ada yang pro dan kontra. Kebanyakan dari orang-orang yang pro beralasan bahwa hal ini dapat menjadi terobosan baru dalam industri musik Indonesia, dan mereka juga menganggap tidak ada salahnya mencoba hal-hal baru. Tapi banyak juga yang kontra, alasannya adalah mereka adalah plagiat karena meniru gaya dan style BB dan GB asal Korea. Mereka juga beralasan bahwa seharusnya, jika mereka serius, mereka seharusnya mengembangkan kemampuan atau skill mereka terlebih dulu. Bukan langsung debut seenaknya dan hanya bisa dibilang "eksis".

Tanggapan saya.....

Saya yang notabene adalah penggemar Korea, disini mengambil jalur netral. Mengapa? Karena memang benar tanggapan dari orang-orang yang kontra. Mereka banyak yang meniru style BB dan GB Korea, memang tidak seluruhnya tetapi pendapat itu bisa dibilang benar. Berikut saya berikan contohnya:




Dari gambar-gambar diatas bisa kita lihat sendiri kenyataanya. Seharusnya jika mereka memang ingin menjadi sesuatu yang baru, bikinlah gaya mereka sendiri dan jangan sampai ada yang menyebut mereka "plagiat" lagi.

Kemudian, masalah skill juga sangat penting. Menjadi seorang superstar tidak bisa secara instan. Sekedar info saja, BB dan GB Korea tersebut layak untuk dipasarkan dan mempunyai banyak penggemar karena mereka memang tidak asal-asalan. Mereka harus menjalani masa training dulu selama bertahun-tahun. Saya ambil contoh saja, BB TVXQ! yang menjadi "The Best Boyband of Asia" menjalani masa traninig selama rata-rata 5 tahun. Masa 5 tahun tersebut tidak sebentar dan gampang. Mereka harus berlatih menyanyi dan menari setiap harinya. Hingga mereka benar-benar skillfull dan siap untuk debut. Tetapi kita lihat hasilnya sekarang. Mereka benar-benar membuktikan bahwa masa 5 tahun tersebut tidak sia-sia dan sekarang menjadi yang terbaik.
Sedangkan jika kita lihat BB dan GB Indonesia, apakah mereka mengalami masa-masa "sulit" seperti itu dulu? Menurut saya mereka terlalu terburu-buru dan sangat tergiur dengan ketenaran.

Disisi lain, saya masih mendukung mereka karena memang tidak ada salahnya mencoba hal-hal baru. Tetapi dengan cara bersungguh-sungguh, kerja keras dan jangan instan. Sesuai dengan peribahasa "Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian" maka kita haruslah berusaha dahulu untuk mencapai sesuatu yang maksimal. Saya yakin jika mereka menjalani masa training dan dengan bersungguh-sungguh, mereka pasti bisa menjadi BB dan GB yang layak untuk disukai dan menjadi superstar seperti layaknya BB dan GB Korea. 

Tidak ada komentar: